Jumat, 13 Juni 2008

BERKARYA NYATA MEWUJUDKAN LINGKUNGAN HIJAU

Inilah Kebun Poly Sekar Asri - Perum Politeknik Beji Timur, Depok

Bermula dari lahan tidur di areal Perumahan Politeknik, Beji Timur. Berkat ide kreatif dari Ibu-ibu RT 04/05 RW 05 jadilah kini menjadi lahan hijau penuh dengan tanaman produktif. Pintu masuk kebun, disambut dengan tanaman ‘toga’ yang artinya tanaman obat keluarga. Di sini ada tanaman jahe, serai, kunyit, laos/ lengkuas dan sebagainya.

Di sisi masuk kanan terdapat tanaman sayur-sayuran seperti cabai terong, kacang panjang, kacang tanah, bayam, sawi. Menurut salah satu ibu yang bertugas, saat ini sedang diadakan pembibitan timun suri yang diharapkan dapat dimaafaatkan untuk memenuhi bulan puasa mendatang.

Di bagian belakang tersusun rapi tanaman hias : euphorbia, adenium, aglaonema, kaktus, sansivera, dan berbagai macam tanaman hias masa kini. Tanaman buah yang tidak henti-hentinya dipanen adalah pisang dan pepaya. Mangga dan belimbing masih terus dikembangkan sesuai dengan anjuran Walikota Depok sebagai kota belimbing.

Di samping kegiatan tanam menanam, di bagian belakang juga tersedia pupuk kompos hasil karya ibu-ibu PKK juga, yang kualitasnya tidak kalah dengan pupuk bermerek. Pupuk kompos sudah dikemas dalam ukuran kecil dan besar serta sudah dipasarkan. Pupuk cairpun tersedia.

Kebun Poly Sekar Asri sudah menerima tamu dua direktur Politeknik Negeri Jakarta. Minggu, 1 Juni 2008 yang lalu Direktur Politeknik Negeri Jakarta yang baru Prof. Dr. Ir. Johny Wahyuadi M Sudarsono berkenan melakukan peninjauan lapangan. Direktur PNJ mendukung usaha ibu-ibu PKK Perum PNJ ini.

(prj)

Tidak ada komentar: